The "babay bebihood" birthday

the 400th blogpost!!! hahaha, norakkk...
ngga nyangka bisa blabbering sepanjang 400 episod hahaha.
the very special number marked a very special occasion lohhh.

hari ini menandai babay nya gue & erw, dengan segala baby-hood,
dan hal hal perintilan, segala macem bebayian yang rempong tapi bikin hepi.
karna insya allah kita akan ngikutin mandat pak harto, dengan ber KB hahaha.
today is kin's 3rd birthday y'all!!!
whooopppeee!



alhamdulilah, hari ini si poni ulang tahunnya hepi, ngga kaya taun lalu huhuhu.
udah pesen bronis dari sohibkuhhh, dan udah dianter kemaren,
langsung kerahkan OB kantor untuk gunting-guntingin hiasan frozen nya hahaha.
terus abis kerja keluar bentar, cari semacam wadah untuk anak anak playgroup,
sama garpu warna warni, sama susu UHT buat dibagi-bagiin.

hari ini, dari dia bangun, udah dinyanyiin 3 babak,
pagi pagi buta dirumah, sama gue, erw, arkong, dan kakek neneknya,
Too bad nenox is home sooner on sunday, thanks for the elsa doll tho hahaha.
terus di sekolah, gue dateng dengan kejutan... bawa broniiis pake hiasan prozen,
iyehhh, masih demen benerrr anaknya ama frozen huhuhu.




policy di sekolah adalah, ngga boleh bagi bagi goodie bag,
jadi cuma boleh bawa makanan/ minuman yang ngga merepotkan bu guru,
terus dimakan bareng bareng di sekolah, sambil nyanyi, baca alfatihah & kasih selamat.
karna gak boleh bagi bagi, jadi kerjaan gue ringkes banget yaaa, cuma siapin bronis,
susu UHT, udah deh hahaha. cucokkk untuk ibuk sok sibuk lah.
she was so shy when the friends singin happy birthday hihihi, lucuk banget,
anak anak makan bronis coklatmaniez, yang dari jaman gue SMA,
rasanya ngga berubahhh... sampe ada satu anak bener bener ngokop itu bronis,
sampe abisss. such a joy!

terus terahir, nyanyi sore sore sama orang kantor mami.

alhamdulilah banyak yang doain kamu supaya selalu penuh berkah ya nak *ciyum*


terus kenapa lebay babay baby sih?
jadi gini, belajar dari pengalaman baca: arkong, anak 3 taun itu udah mulai 'mudah' diasuh.
in terms: mereka sudah mulai mengerti norma, sudah ngerti bener & salah,
sudah bisa diajak bicara kalo ada konflik, dan yang terpenting: udah bisa mandiri.
makanya hari ini marked the "sorta" finish line, per-babay-an gue ngasuh bayik,
walopon ada sedikiiit di dalam hati ini, yang pinginnya mereka bayik terus hihihi.

terus kalo urusan per-bayik-an selesai? udah selesai aja gitu?
ya kagakkk hahaha, masih ada lagiii urusan lain hahaha, urusan per-balita-an lah dan selanjutnya.
nah ini, anak gua dua-duanya akan percis di tahap balita ni, sampe agustus nanti,
arkong ulang tahun kelima. seruyaaa, seru seru pusing mules gitudehhh hahaha!

emang apa yang terjadi sih?
perhatian: based on my parenting experience niyaaa. may applied differently in every home.
mmm, yang gue rasain sih ya, anak umur 3 taun itu ego makin menjadi jadiii,
soal tingginya ego, mau laki mau perempuan, sama ajahhh...
namanya ego ya ego, sama aja resek nya kalo lagi resek.
ngga tergantung bapaknya kumisan atau engga, ibuknya pas hamil ngidam apa,
nenek nya ubanan umur berapa, apalagi ari ari ditanem dimana.
kagakkk... jadi misalnya punya anak cewe, terus mengira ego bisa lebih jinak,
oh anda salah, saudara... karna cencu cidakkk!
what i did was, i'm trying to sculpt the ego, ngga dibabat, ngga dibiarin liar,
tapi dipahat. supaya nantinya dia bisa jadi orang yang pintar mengusai egonya sendiri.

emang caranya gimana kak?
gaktau hahaha... suwer aku gak tau, ini juga masih trial and error,
in the meantime, cara gue adalah menutup pintu negosiasi seperti yang gue ceritain disini.
gimana kalo kita sama sama ke lapangan, tanya ama rumput yang bergoyang yuk!
or... nanti aku blogging lagi kalo udah ketemu cara yang sahih. hahaha.

yang gue rasa agak berbeda antara dua anak ini, adalah kemampuan berbahasa.
kalo kemarin dia suka ngga puguh rewel, ngga bisa jelasin maunya apa,
kali ini dia udah bisa bilang, kadang kadang in detail, dia lagi kepingin apa.
about a boy, arkong, dulu ngga terlalu detail di kemampuan bahasa,
dia lebih ke motorik kasar. kemampuan ber-detail ini baru keliatan menjelang 4 tahun,
seiring juga, keingintahuannya dia makin membludak bludakkk,
seiring juga, kalo gue lagi jelasin sesuatu, mendingan sedia air putih,
karna pasti abis jelasin, gue akan hausss. abis ngobrol panjang lebar sampe lengkappp!
about a girl, kince developed such ability dari kemarinnn, di 2.5 taun hahaha,
ketauan kan, kenapa perempuan lebih baweeel, karna dari kecil kemampuan bahasa nya lebih terasah.

disiplin, menjadi salah satu highlight gue untuk si 3 tahun,
untuk kedua anak gue yang beda gender, agak berbeda penerapannya,
walaupun treatment nya sama, setelah pendisiplinan apapun, gue pasti adakan sesi unyu,
explaining (lagi) kenapa tadi mamah marah, kenapa menurut mamah what you did was wrong,
dan ahirnya kita tetep peluk pelukan.

cita citanya, setiap kali gue marah, gue pinginnya suara gue tetep manis, tapi muka kenceng,
terus gue ajak anak anak diskusi, why i thought what you did was wrong.
disitu gue ajarin berpikir logika. misalnya: loncat di kasur.
i knowww, gue juga dulu seneng banget loncat di kasur, tapi sekolah gue gak ada trampolin,
sedangkan sekolah mereka punya. so this is not an excuse. myahahaha!

SOP nya gini. pertama tama, gue akan ajak mereka duduk, look them in the eyes & tanya
(1): itu bener atau salah. mereka biasanya jawab salah
mungkin di pikiran dia: muka mamah udah kenceng, udah pastiii gue salah. hahaha!
abis itu (2) kasur mustinya buat apa? mereka akan jawab buat tidur.
(3) kalo mau loncat loncat dimana? they will come up with: di rumput.
(4) kenapa ditukar ya? gini deh, kalo gitu nanti tidur di rumput aja ya?
they will go like: ah ngga mauuu, kan keras, kotor, suka ada semut. blablabla.
YESSS, i win lalala hahaha emak emak gendeng.

senjatanya gitu, biasakan mereka mikir dulu, tentang apa apa yang ngga seharusnya dilakukan,
dan apa yang seharusnya dilakukan.
cita citanya sihhh... nantinya pingin punya anak yang tahu betul, benar dan salah.
tapi jalannya panjang amat ya Tuhannn, tolong risti *tangan mengadah ke langit*

oke, balik lagi soal disiplin. on boys,
sesi pendisiplinan untuk arkong berlangsung serius kaya orang rapat RUPS BUMN lawan DPR,
yang suka masuk TV dan kayanya rapatnya serius abisss hahaha.
ketika berbuat salah, ar biasanya langsung nyadar kalo itu salah, dan mau untuk diajak diskusi,
abis itu biasanya dia tau, dan dia camkan betuuul, that what he did was wrong,
kalopun dia lakuin lagi gue mampu untuk sedikit agak 'keras',
simply because i wanna raise a man, who can hold on to his words.

but on girls, mine is more... mmm, apaya...
manipulative. yes, that's the word. beneraaan, even di 2.5 tahun, udah kaya gitu, tsk!
ketika bikin salah, gue akan go with the SOP, sampe akhir pertanyaan ke-3,
biasanya kince akan mulai pasang muka lucu, terus mulai lendot lendot ke bahu,
minta peluk, sampe kekepin leher gue. NAH KANNN, SUSAH DEHHH! hahaha.
by the end of the 4th question, seringkali gue udah peluk pelukan. which is wrong.
karna dia jadi merasa, "hihihi, mamah marah, peluk peluk aja, nanti juga senyum."
jadiii, kadang kadang sesi disiplin kince berlaku kaya orang waxing,
nada tinggi, cepet, ngga bertele tele, langsung sasaran, dan kadang nyelekit.
kalo udah gitu, biasanya dia langsung terkesiap, nyadar "oh iya, gue salah."
dan lanjutannya biasanya mata ngembeng, air mata ketahan di pelupuk sampe ahirnya jatuh,
berderai derai ke pipi. HIHHH, sebel. sebel, tapi gemes, pingin marah tapi pingin ketawa.

skarang sih gue udah cukup bisa untuk nahan ketawa atau nahan pingin pelukan,
jadi treatment waxing nya, diakhiri dengan "ngerti kan sekarang? ngga diulang lagi ya."
udah. baru deh unyu unyu session.
yah begitulah, catetan kecilnya hihihi,

well anyway, i'm so excited about this whole balita-hood ini,
yang paling penting adalah, karna anak anak udah gampang bangettt diajak jalan jalan,
hassle free banget, beneraaan!
kalo ke mall, kita cuma bawa 1 tas ransel kecil (biasanya dibawa sama arkong),
sebelum masuk mall kita rapat dulu, gue ingetin tentang stranger danger,
udah deh... jalan jalan ria kita hehehe.

untuk pergi pergi liburan, ini diyaaa saatnyaaa hahaha!
akukan miss males refot, makanya dari kemarin belum juga bawa anak anak kemana mana,
paling yaaa, yang deket deket aja, yang udah keukur bakalan ngga repot.
karna kalo pergi agak jauh. karna aku cupuuu, ndak beraniii huhuhu...
but my youngest is 3 now, udah bisa makan sendiri, toilet training juga udah 3/4 jalan,
rasanya jadi PD dan hepi banget, knowing kita bisa mulai saving untuk liburan.
ngareppp teruuusss... kenyataan sih masih jauh bak pungguk merindukan bulan.
yagapapa lah, ngarep itu sebagian dari iman kok ya hihihi!

Comments

Anonymous said…
belajar banyakkkk banget dari sini Mba. Makasih ya.
Oiya, happy belated birthday ya Kinan. :)

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA